Ketua DPRD Rudy Susmanto Apresiasi Peran TNI Membangun Bogor

CIBINONG – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan, TNI berperan sangat penting dalam membantu Pemerintah Kabupaten Bogor membangun daerah. Bahkan, kata dia, TNI seringkali menjadi ujung tombak untuk pemerataan pembangunan di Kabupaten Bogor yang sebagian besar wilayahnya masih perdesaan.

“TNI yang memiliki tugas pokok bidang pertahanan Negara, sangat berperan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor bukan hanya menyangkut soal keamanan tapi menyangkut masalah daya tahan kesehatan, pendidikan, budaya, ekonomi dan juga membantu kita dalam mewujudkan infrastruktur yang layak bagi masyarakat,” ujar Rudy Susmanto, seraya mengucapkan Dirgahayu ke 77 TNI yang dirayakan hari ini, Rabu (5/10/2022.

Rudy menyampaikan, sinergitas yang dibangun TNI melalu Dandim 0621/Kabupaten Bogor dalam forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) juga berjalan sangat efektif. Semasa Pandemi Covid-19, kata Rudy, TNI memiliki andil cukup besar bersama Satgas gabungan untuk mengendalikan kondisi dari level kedaruratan hingga kini memasuki masa endemi. “TNI Juga turut ambil bagian penting dalam upaya pemulihan ekonomi kita,” katanya.

Sebagai daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana cukup tinggi, lanjut Rudy, prajurit TNI juga sangat dibutuhkan pemerintah daerah dalam upaya mitigasi, penanganan kedaruratan bencana dan pemulihan kondisi pasca bencana. “Dengan keterampilan dan kecanggihan peralatan yang dimiliki TNI, pemerintah daerah sangat terbantu,” imbuhnya.

Untuk itu, politisi Partai Gerindra ini mengajak masyarakat Kabupaten Bogor untuk mendukung dan membantu tugas-tugas TNI. “Saya merasa bersyukur karena hasil berbagai lembaga survei TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya. Mari kita dukung TNI menjaga kedaulatan NKRI dan ideologi Pancasila, karena TNI adalah Kita,” tandas Rudy.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor,
Letkol Kav Gan Gan Rusgandara mengatakan, berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat diantaranya hasil survei lembaga indikator politik Indonesia tanggal 24 Juli 2022 TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik, sebesar 93,2 persen.

Sedangkan hasil akhir survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia atau LSI tanggal 31 Agustus 2022 mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%.
Demikian juga masih ia menjelaskan, hasil lembaga survei center strategis dan internasional tanggal 27 September 2022 merilis survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5 persen.

Karena itu, Gan Gan meminta, agar prajurit dan ASN TNI yang bertugas di wilayah Kabupaten Bogor untuk menjaga kepercayaan masyarakat tersebut.

“Saya mengimbau kepada seluruh prajurit dan ASN TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok,” kata Gan Gan (*)