Ratusan Orang Jadi Korban Penipuan Jual-beli Tanah, Kerugian Capai Miliaran

RASIOO.id- Ratusan orang menjadi korban penipuan dengan modus jual beli tanah di Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Kerugian yang dialami korban  diperkirakan mencapai angka Rp 3,2 miliyar akibat ulah terduga pelaku berinisial A.

“Dari hasil penyelidikan ada 121 orang menjadi korban dari aksi penipuan jual beli tanah ini. Untuk total kerugiannya, kalau ditafsir mencapai Rp3,2 miliyar,” kata Kapolsek Ciomas, Kompol Yudi Kusyadi, Kamis 2 Februari 2023.

Ia menyebut, peristiwa tersebut berawal pada saat A menawarkan sebidang tanah dengan luas kurang lebih 100 meter persegi kepada korbannya dengan harga Rp50 juta. Kemudian, kata Kapolsek, korban menyerahkan uang tersebut kepada A untuk melakukan transaksi jual beli tanah tersebut.

“Awal mulanya itu ketika pelaku berinisial A menawarkan sebidang tanah kepada korban dan melakukan transaksi jual beli tanah ini,” kata dia.

Baca Juga : Polisi Tangkap Wanita yang Rugikan Selebgram dalam Promo Umroh

Namun, korban yang sudah melakukan pembelian tersebut tak kunjung mendapatkan kejelasan atas sebidang tanah yang sudah dijanjikan oleh pelaku terduga penggelapan ini.

“Hingga saat ini, pihak pembeli tidak mendapatkan kejelasan dari terduga pelaku ini,” jelas Yudi.

Oleh karena itu, korban yang merasa telah ditipu oleh terduga pelaku penggelapan ini langsung melaporkannya ke pihak kepolisian untuk ditangani di ranah hukum.

“Atas kejadian tersebutlah korban langsung melaporkannya ke pihak kepolisian,” ujar dia.

Yudi menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan proses penyelidikan lebih lanjut terkait laporan adanya penipuan dan penggelapan yang menimbulkan ratusan korban ini

“Proses penyelidikan pun masih kami lakukan terkait laporan penipuan dan penggelapan tersebut,” tutupnya (*)

 

Reporter : Egi AM

Editor : Ramadhan

Lihat Komentar

1 komentar

  1. I may need your help. I’ve been doing research on gate io recently, and I’ve tried a lot of different things. Later, I read your article, and I think your way of writing has given me some innovative ideas, thank you very much.