Inovasi dan Konsistensi Kembangkan UMKM Kriya, Yane Ardian Raih Dekranasda Jabar Award 2023

 

RASIOO.id – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor, Yane Ardian raih penghargaan, di event Dekranasda Jawa Barat Award 2023. Yane meraih Juara 1 kategori Pembina Teladan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya. Penghargaan diberikan  dalam Karya Kreatif dan Pekan Kerajinan Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu 8 Juli 2023.

Kegiatan ini, sebagai wujud apresiasi atas dedikasi dan inovasi daerah terhadap pemberdayaan UMKM, khususnya kerajinan.

“Alhamdulillah apa yang telah dilakukan Dekranasda Kota Bogor terkait pengembangan kerajinan, pengembangan produk unggulan mendapat apresiasi,” ujar Yane Ardian

“Penghargaan ini jadi penyemangat kita untuk terus bisa berdampak besar pada kesejahteraan masyarakat, khususnya pelaku UMKM,” imbuhnya

Baca Juga : Jadi 13 Jenis Marchandise, Rubo Mulai Diproduksi Pelaku UMKM

Inovasi terbaru di Kota Bogor, adalah hadirnya maskot anyar Kota Bogor bernama Rubo. Menurut Yane, Rubo merupakan akronim dari Rusa Bogor, bukan sekedar ikon, tapi bertujuan untuk menggeliatkan ekonomi kreatif.

Bahkan, dalam kesempatan tersebut, Rubo juga diperkenalkan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan Yane Ardian dihadapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Untuk memperkenalkan Rubo, Pmekot Bogor  membuka booth khusus yang menjual aksesoris dan kerajinan bertema Rubo.

“Rubo menjadi milik semua warga Kota Bogor dan boleh diproduksi oleh seluruh UMKM di Kota Bogor,” cetus Yane.

Dia menambahkan, Dekranasda terus melakukan pendampingan untuk para pelaku UMKM sehingga hasil karyanya yang menjadi kerajinan ataupun merchandise itu berkualitas, punya nilai yang baik.

 

Jadi Produk UMKM

Saat ini, lanjutnya, sudah banyak UMKM yang memproduksi kerajinan bernuansa Rubo, mulai dari aksesoris, pakaian, tas, sepatu, thumbler bambu hingga cookies.

“Harapannya, maskot Rubo ini bisa menjadi ambassador Kota Bogor, yang tentunya bisa berdampak terhadap kunjungan wisatawan dan bergairahnya UMKM. Semoga juga bisa menginspirasi daerah lain untuk kolaborasi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Dinkukmdagin) Kota Bogor Atep Budiman, turut berbangga atas penghargaan yang diraih Dekranasda Kota Bogor.

Atep mengatakan, penghargaan yang diraih Yane Ardian merupakan apresiasi terhadap komitmen dan konsistensinya selama ini membina para pelaku UMKM di Kota Bogor.

“Selain karena inovasi seperti Rubo, selama dua periode beliau mendampingi Pak Wali, Dekranasda Kota Bogor kini memiliki galeri yang sangat representatif, kolaborasi dengan banyak retail agar UMKM naik kelas,” katanya.

“juga bekerjasama dengan e-commerce hingga mempromosikan kerajinan dengan berbagai event unik. Jadi, sudah teruji perhatian ibu Yane Ardian terhadap UMKM,” Atep menambahkan.

Atep juga menyebut, pertumbuhan UMKM di kota hujan ini juga tumbuh baik. Dalam catatannya ada sedikitnya 68.000 UMKM.

“Didominasi oleh tiga besar sektor usaha, yakni kuliner, fashion dan kerajinan atau kriya,” pungkasnya.

 

Simak rasioo.id di GoogleNews

Lihat Komentar