Gempa Bumi di Bogor, 74 Rumah di Pamijahan Rusak Ringan hingga Berat

RASIOO.id – Gempa bumi berkekuatan 4.3 Magnitudo di Kabupaten Bogor membuat puluhan rumah di Kecamatan Pamijahan hancur ringan hingga berat. Data sementara ada 14 rumah yang mengalami kerusakan.

“Kronologi kejadian hari Jum’at pukul 02.00 WIB telah terjadi gempa dengan kekuatan 4.3 magnitudo, sehingga berdampak pada pemukiman warga di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Mohamad Adam Hamdani, Jumat 8 Desember 2023.

Baca Juga : Longsor di Cisarua Bogor sebabkan Satu Rumah Rusak

Adam menyebut, BPBD Kabupaten Bogor saat ini tengah melakukan assesment terhadap  warga dan rumah yang terdampak gempa tersebut.

“Total ada 14 rusak terdampak bencana gempa, dengan jumlah 52 jiwa dari 14 kepala keluarga (KK),” papar dia.

Saat ini, warga yang terdampak gempa tersebut diungsikan dan dibuatkan tenda sementara untuk tinggal mereka, karena dikhawatirkan ada gempa susulan.

“Saat ini petugas sedang membangunkan tenda darurat sebagai antisipasi rumah terdampak gempa bumi, sementara warga tidak diperkenankan menempati rumahnya dulu,” jelasnya.

Sementara, data dari Tagana Kabupaten Bogor mencatat gempa bumi itu membuat 74 rumah hancur ringan dan berat di wilayah kampung garehong dan Pada Jaya Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan.

Rumah hancur itu disebabkan oleh Gempa Bumi yang membuat tanah di wilayah tersebut retak. Sehingga rumah yang menempel pada tanah tersebut, ikut hancur.

“Jumlah bangunan yang rusak ringan 39, sedang 15 dan berat 20 rumah,” kata tim Tagana Kabupaten Bogor dalam laporannya.

Jumlah korban terdampak bencana itu berdasarkan assesment Tagana Kabupaten Bogor sebanyak 74 KK dengan 238 orang dewasa, 2 orang bayi, 5 balita, lansia 3, disabilitas 2 dan ibu hamil 2 orang.

 

 

Simak rasioo.id di Google News

Lihat Komentar