Pasca Lebaran, Disdukcapil Prediksi 1.655 Pendatang Baru di Kota Tangerang

RASIOO.id – Setelah momentum arus balik Lebaran 2024, fenomena urbanisasi di Kota Tangerang menjadi sorotan utama. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang memprediksi bahwa jumlah warga pendatang di Kota Tangerang akan mengalami penurunan hingga 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Irman Pujahendra, mengungkapkan bahwa jumlah pendatang baru setelah Lebaran 2024 diperkirakan mencapai 1.655 jiwa. Angka ini jauh berbeda dari tahun 2023 yang mencapai 3.274 jiwa setelah Lebaran.

Irman mengimbau agar warga pendatang yang ingin menetap segera mengurus administrasi kependudukan di Kota Tangerang dengan membawa Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) dari daerah asal.

“Dengan kesadaran masyarakat pendatang untuk mengurus administrasi kependudukan, akan memudahkan dalam pendataan kependudukan di Kota Tangerang. Ayo, mari kita bersama-sama tertib dalam administrasi dengan memproses pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di Kota Tangerang,” ujarnya.

Baca Juga: Pj Bupati Bogor Bakal Evaluasi SKPD yang “Irit” Habiskan Uang APBD

Selain itu, Irman juga menyebut bahwa para pendatang dapat melakukan pendaftaran keberadaannya secara online melalui aplikasi sobatdukcapil.tangerangkota.go.id. Alternatif lainnya adalah secara langsung di Kantor Disdukcapil atau gerai dukcapil di beberapa mal dan kantor kecamatan setempat.

“Para pendatang hanya perlu membawa dokumen SKPWNI dari daerah asal dan melampirkan KTP-el asli pemohon. Untuk pendaftaran online, mereka dapat memilih fitur ‘Datang WNI’,” tambah Irman.

 

 

Simak rasioo.id di Google News

Lihat Komentar