Panitia Kekurangan Dana, Bupati Cup U-19 Diambil Alih RY ?

RASIOO.id- Piala Bupati Cup U-19 yang menyisakan laga semi final dan final belum jelas kapan akan dituntaskan. Kompetisi sepakbola yang bertujuan untuk mencari bakat pesepakbola di Kabupaten Bogor itu terhenti di babak perempat final, lantaran panitia kekurangan dana. Beredar kabar, kelanjutan ajang bergengsi itu akan diambil alih oleh mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin.

Ketua Panitia Bupati Cup U-19 2022, Iswahyudi mengatakan laga terakhir babak perempat final yang mempertemukan Tim sepakbola Kecamatan Babakan Madang VS Tim Sepakbola Sukaraja digelar lebih dari satu bulan yang lalu. Tepatnya, Rabu (7/9/2022).

“Kita tinggal Semifinal dan final. Namun ada hambatan salah satunya persiapan Porprov ini,” kata Iswahyudi, disela acara pelepasan Kontingen Kabupaten Bogor untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat, di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Kamis (27/10/2022).

Namun, kata dia, masalah utama belum dilanjutkannya Piala Bupati Bogor itu adalah permasalahan kurangnya dana.

“Kita masih butuh Rp150 juta. Dari awal itu kita mengajukan Anggaran Rp1,2 miliar. Cuman masih jauh terealisasi. Kita hanya mengandalkan (dana) dari KONI, ASKAB, dan ada pihak ketiga,” papar, Iswahyudi yang juga Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Bogor.

Untuk menggelar babak penyisihan hingga perempat final, lanjut dia, panitia harus tambal sulam karena sebagian dana pembinaan ASKAB PSSI juga digunakan untuk membiayai kontingen sepakbola yang akan berlaga di Porprov.

“Kita sementara tambal sulam (dana) dipake buat Porprov ini. Kita kurang anggaran, cuman ya gimana,” ujarnya.

Ia menyebut, kekurangan anggaran untuk menyelesaikan Piala Bupati sudah dilaporkan kepada Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang sebelumnya menyetujui gelaran Piala Bupati itu.

Namun, kata Iswahyudi, panitia belum menerima kabar dari Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan untuk membantu menyelesaikan kompetisi tersebut.

“Belum ada omongan,” singkatnya.

Iswahyudi menambahkan, panitia justru tetap mengupayakan gelaran pencarian bakat pesepakbola dari Kabupaten Bogor itu akan tuntas dilaksanakan. Salah satunya dengan meminta bantuan kepada mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin. Rachmat Yasin alias RY, kata Iswahyudi, menjanjikan dukungan dana untuk kelancaran penyelesaian Piala Bupati Bogor itu.

“Alhamdulillah ada bantuan dari Pak RY, dia mau datang (saat final). Besar bantuannya Rp50 juta,” ungkapnya.

Seperti diketahui, ajang perebutan piala Bupati Bogor dimulai saat RY menjadi Bupati Bogor. Saat itu, pertandingan yang mempertemukan tim sepakbola antar Kecamatan itu, bernama PERY, atau Piala Emas Rachmat Yasin.

Namun sejak Kabupaten Bogor dipimpin Ade Yasin, ajang bergengsi tersebut berganti nama Bupati Cup U-19. Adapun Piaa Bupati Cup U-19 2022 menyisakan empat tim kecamatan, yakni Kecamatan Babakan Madang, Citeureup, Ciomas dan Kecamatan Cibinong. (*)

 

Reporter : Egi AM

Editor : Saeful Ramadhan

Lihat Komentar