Sindir Mantan Napi Koruptor Kumpulkan Kades di Rumahnya, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan : Jangan Menghalalkan Segala Cara

RASIOO.id – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin alias RY yang merupakan jebolan kasus korupsi selama dua kali di Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) kembali menghebohkan publik.

Rachmat Yasin pada Sabtu, 22 Juli 2023 berhasil mengumpulkan ratusan kepala desa (kades) di kediamannya dengan menghadirkan calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 2024, Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahuddin Unu.

Baca Juga: Iwan Setiawan Minta Kepala Sekolah di Bogor Lebih Adaptif Dan Inovatif Di Era Digital

Mendengar hal tersebut, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengaku tak akan melakukan hal seperti yang dilakukan Rachmat Yasin.

Menurut dia, Rachmat Yasin telah menyalahkangunakan kekuatan demi kemenangan semata.

“Kalau saya pribadi kembali pada etika. Maksudnya jangan abuse of Power, menghalalkan segala cara,” sindir Iwan Setiawan, Senin, 24 Juli 2023.

Kendati memiliki kewenangan kuat untuk mengumpulkan kepala desa se-Kabupaten Bogor, dia mengaku tidak akan melakukan hal serupa karena dinilai mencederai kontestasi politik.

Baca Juga: Digadang Rachmat Yasin Jadi Cawapres Ganjar, Ini Respons Sandiaga Uno

“Bupati mengundang kades untuk mengenalkan capres yang mana bupati itu bernaung, engga. Tapi kalau secara pribadi mungkin, pribadi sebagai ketua DPC ya lihat dulu aturannya. Saya tidak mau mengotori, mentang-mentang berkuasa,” beber Iwan Setiawan.

Diundangnya kades dalam pertemuan politik itu, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor. Sebab, dirinya tidak bisa memastikan boleh atau tidaknya seorang kades menghadiri kegiatan politik.

Baca Juga: Daen Nuhdiana Sebut Hanura Akan Kerahkan Milenial untuk Menangkan Ganjar Pranowo di Bogor

“Tidak, saya tak akan memanggil para kades, karena wewenangnya ada di Bawaslu. Pokoknya saya tidak mau tendensi, satu sisi saya ketua partai, gara-gara itu dipanggil, nanti ramai lagi,” tutup Iwan.

Lihat Komentar