Diproyeksi Beroperasi Akhir Tahun Ini, TPPAS Lulut-Nambo Untuk Tampung Sampah Warga Depok

RASIOO.id – Pemerintah Jawa Barat era Pj Gubernur Bey Machmudin kembali melirik Tempat Pengelola dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo yang terletak di Kabupaten Bogor.

TPPAS tersebut diproyeksikan beroperasi akhir tahun ini. Kota yang akan menjadi penyumbang sampah pertama di tempat pemroresan akhir ini adalah Kota Depok.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, di TPPAS Lulut-Nambo (Luna) ini bisa mengelola 50 ton sampah perharinya. Yang mana TPPAS ini diproyeksikan bisa beroperasi di akhir tahun 2023 ini.

“Jadi ingin lihat perkembangannya seperti apa. Jadi harus secepatnya berjalan pengelolaan sampah seperti ini,” kata Bay, Selasa 19 September 2023.

Baca Juga : Sampah dan Kebijakan Sampah di Bogor

Bay menyebut, TPPAS yang berada di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor diyakini bisa menarik banyak investor.

“Memang hanya 50 ton tapi saya yakin kalau ini berjalan akan bergulir dan investor akan sangat menarik, ini tempatnya sudah didukung dengan investor yang cukup baik, juga luas tempatnya. Saya mendorong untuk segera dioperasikan,” ujarnya.

Pembangunan TPPAS Luna ini, kata Bay, melalui dua tahap pembangunan, yang mana di tahap pertama ini telah mencapai 87 persen.

“Iya ada (tahap berikutnya), tapi ini kita fokuskan terus jalan. Saya minta akhir tahun sudah beroperasi,” tambah Bay.

Saat telah beroperasi nanti, lanjut Bay, Kota Depok akan menjadi penyumbang sampah pertama di TPPAS ini.

“Dari Depok dulu ya. Sesuai Perjanjian kerjasama (PKS),” pungkasnya.

 

Simak rasioo.id di GoogleNews

Lihat Komentar