RASIOO.id- Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, menanggapi keluhan masyarakat terkait kesulitan dalam mengurus perizinan di Kota Bogor.
Dedie mengatakan bahwa pemerintah kota akan segera meluncurkan nomor hotline yang bisa digunakan warga untuk melaporkan oknum yang mempersulit proses perizinan atau bahkan meminta sejumlah uang.
“Nomor hotline ini akan digunakan untuk menanggapi keluhan masyarakat dan pelaku usaha yang merasa kesulitan dalam mengurus perizinan usaha di Kota Bogor,” jelas Dedie di Magelang, Kamis 27 Februari 2025.
Baca Juga: Didesak Gubernur Jabar Atasi Kemacetan, Walikota Bogor Dedie A Rachim Dorong Moratorium Izin AKDP
Lebih lanjut, Dedie mengungkapkan banyak pengusaha dan masyarakat yang mengeluhkan proses perizinan yang dianggap lambat dan rumit, bahkan ada yang menghadapinya dengan praktik suap.
“Penyesuaian aturan dan penghilangan hambatan dalam alur proses serta persyaratan harus segera dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi,” tegas Dedie.
Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Atep Budiman, menyambut baik rencana Wali Kota untuk meluncurkan hotline.
Atep menambahkan, pihaknya akan segera melakukan pembenahan terkait pelayanan perizinan di Kota Bogor. Salah satu langkah yang diambil adalah penerbitan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 23 Tahun 2024, yang mengatur perubahan tentang pendelegasian kewenangan perizinan kepada DPMPTSP.
“Pembenahan ini termasuk penyederhanaan prosedur dan percepatan pelayanan perizinan untuk memastikan layanan yang lebih efisien dan profesional,” jelas Atep.
Atep berharap peluncuran hotline ini dapat menjadi solusi untuk masyarakat serta meningkatkan kualitas dan integritas pelayanan untuk menarik lebih banyak investor yang akan berinvestasi di Kota Bogor.
Sebagai tambahan, warga Kota Bogor juga dapat memanfaatkan aplikasi SiBadra (Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran). Aplikasi berbasis smartphone ini memungkinkan masyarakat untuk melaporkan pengaduan, memberikan saran, atau meminta layanan publik langsung kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Bogor.
SiBadra dapat diunduh melalui Google Play Store atau AppStore dan telah terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp untuk mempermudah komunikasi antara warga dan pemerintah.
Dengan berbagai upaya yang sedang dijalankan, Wali Kota Bogor berharap kualitas pelayanan perizinan dapat semakin baik dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat di Kota Bogor.
Simak rasioo.id di Google News