Kapolri Pertama Indonesia Ternyata Kelahiran Jasinga Bogor Hingga Jadi Nama Rumah Sakit

RASIOO.id – Komisaris Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo merupakan Kapolri pertama di Indoensia. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Kapolri pertama merupakan putra asli kelahiran Bogor.

Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo lahir di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada 7 Juni 1908. Ayahnya Raden Ngabehi Martomihardjo merupakan seorang Asisten Wedana di Jasinga, sementara ibunya bernama Raden Ajeng Kasmirah. Keluarga Soekanto tinggal di lembah Sungai Cisadane yang subur.

Soekanto dididik disiplin Barat oleh ayahnya dan ajaran Islam oleh budenya. la tumbuh menjadi pribadi yang kuat, tabah, teliti, dan tidak mudah menyerah.

Baca Juga: Kemarau di Kecamatan Jasinga Bogor bikin 592 Warga Krisis Air Bersih

Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo menjabat Kapolri (dulu bernama Kepala Djawatan Kepolisian Negara) pertama, yakni periode 29 September 1945 hingga 14 desember 1959. Presiden Soekarno saat itu mengangkat Soekanto menjadi Kepala Jawatan Kepolisian Negara (KKN) RIS.

Pemilihan tersebut berdasar dari Konferensi Meja Bundar (KMB) antara Indonesia dan Belanda. Setelah menjabat KKN RIS, Soekanto lantas membentuk 11 kepolisian provinsi dan membangun gedung Jawatan Kepolisian Negara di Jalan Trunojoyo, Jakarta. Seiring waktu, tugas kepolisian pun semakin bertambah.

Polisi tidak saja dituntut menjaga keamanan di darat, tetapi juga di air dan udara, serta menangkal ancaman kejahatan lintas negara. Soekanto kemudian diberhentikan sebagai Kapolri pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga: Makin Sulit, Polri Keluarkan Sertifikat Mengemudi jadi Syarat Baru Bikin SIM

Meski begitu, namanya telah diabadikan dalam nama sebuah rumah sakit, yakni Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I Raden Said Sukanto atau lebih dikenal Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Lihat Komentar