Dinkes Pinta Masyarakat Langsung ke Puskesmas Jika Digigit Binatang Terinfeksi Rabies

 

RASIOO.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor meminta masyarakat yang digigit binatang danterinfeksi rabies, agar segera melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat. Langkah cepat itu perlu diambil untuk menghindari dampak buruk terhadap kesehatan.

“Karena waktu penanganan rabies itu harus cepat, karena kan udah muncul gejala (berat), udah makin repot biasanya. Jadi bagusnya saat digigit binatang yang diduga itu terinfeksi rabies, maka langsung kita lakukan vaksin,” kata Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Agus Fauzi, Senin 7 Agustus 2023.

Baca Juga : TBC Meningkat, Dinkes Kota Bogor Launcing Aksi Geulis

Menurut Agus, kendati Kabupaten Bogor masih zero kasus rabies, pihaknya meminta masyarakat agar selalu hati-hati terhadap gigitan binatang.

“Sampai saat ini Kabupaten Bogor belum dapat laporan kasus rabies. Namun, meski demikian tetap antisipasi, karena rabies ini memang dibilang isidental, dadakan lah,” papar dia.

Ia menyebut, Dinas Kesehatan juga sudah menyetok vaksin rabies untuk manusia jika sewaktu-waktu terjadi kasus perdana di Kabupaten Bogor. Vaksin itu, lanjut dia, bisa didapatkan masyarakat di setiap puskesmas di Kabupaten Bogor.

“Yang jelas vaksin rabeis itu tersedia, kita selain di dinas kesehatan, kita distribusikan beberapa puskesmas yang kita jadikan sentral untuk kalau ada kejadian rabies di wilayah,” tutup dia.

 

 

Lihat Komentar