Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor Gelar Yudisium Fakultas Agama Islam untuk 153 Mahasiswa

RASIOO.id – Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar Yudisium pengukuhan lulusan Fakultas Agama Islam (FAI) kepada 153 mahasiswa di Gedung Fakultas Hukum pada Rabu, 10 Juli 2024.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Yono S.H.I M.H.I menjelaskan, bahwa Yudisium ini merupakan momen penting bagi para mahasiswa.

“Jadi acara Yudisium pengukuhan lulusan FAI sekaligus kuliah wadah, maksudnya adalah pembekalan terakhir mereka sebelum lulus tentang bagaimana mereka sebelum terjun ke dunia kerja. Jadi mereka tidak lupa tentang pesan visi misi FAI seperti iman, amal, berilmu amaliah, beramal ilmiah,” jelas Dr. Yono.

Lebih lanjut, Dr. Yono mengatakan pentingnya menjaga nilai-nilai keislaman yang telah diajarkan selama di FAI.

“Jadi hal itu supaya mereka ketika nanti terjun di dunia kerja, mereka tetap melekat ke FAI-annya, nilai-nilai keislamannya di bidang apapun untuk berpegang teguh,” tambahnya.

Acara Yudisium ini juga dihadiri oleh para orang tua mahasiswa. Dr. Yono menyampaikan pentingnya pelibatan orang tua dalam momen penting ini.

“Kemudian kegiatan ini juga kita undang orang tua, karena saya ingin laporkan kepada orang tua capaian putra-putrinya selama kuliah di FAI Kota Bogor,” ujarnya.

Dr. Yono juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian para mahasiswa.

“Jadi istilahnya, ketika mereka datang ke FAI tidak sia-sia harapan kepada putra-putrinya lulus dengan baik, tepat waktu dan mendapatkan prestasi,” tuturnya.

Acara Yudisium ini merupakan yang pertama kali diadakan di FAI, dan Dr. Yono berharap tradisi ini dapat terus dilanjutkan.

“Ini acara Yudisium pertama di FAI, jadi saya berpikir bahwa mahasiswa yang datang kesini baik-baik diserahkan dengan sepenuh hati oleh orang tuanya maka saya juga berharap mereka dilepas dengan baik-baik pula di hadapan orang tuanya agar ukhuwah silaturahminya terbangun antara mahasiswa, keluarga, fakultas agama islam,” jelasnya.

Jumlah lulusan tahun ini mencapai 153 mahasiswa yang tersebar di enam program studi, yaitu PAI (Pendidikan Agama Islam), KPI (Komunikasi Penyiaran Islam), BKPI (Bimbingan Konseling Pendidikan Islam), PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), Eksyar (Ekonomi Syariah), dan HKI (Hukum Keluarga Islam).

Untuk acara wisuda, Dr. Yono menginformasikan bahwa akan dilaksanakan pada 17 Juli 2024.

“Untuk wisudanya sendiri nanti Rabu 17 Juli 2024, karena kalo kita mengandalkan di pertemuan acara wisuda itu kan acaranya umum sekali jadi banyak hal ke fakultasan yang tidak tersampaikan dengan baik,” katanya.

Dr. Yono mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang akan di wisuda.

“Semoga ilmunya bermanfaat jangan lupa kepada para dosen, guru, dan orang tua yang telah membesarkan para mahasiswa sampai di titik ini,” harapnya.

Acara Yudisium ini menjadi momen penting dan berkesan bagi para mahasiswa serta orang tua, sebagai penanda berakhirnya masa studi dan awal dari perjalanan karir mereka.

Lihat Komentar