Luncurkan Aplikasi PALMA, Dirut RSUD Kota Bogor : Mudahkan Masyarakat Cari Dokter

 

RASIOO.id – RSUD Kota Bogor terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kesehatan. Kali ini, Rumah Sakit (RS) plat merah ini meluncurkan aplikasi reservasi online guna menghindari penumpukan pasien di RS.

Aplikasi tersebut bernama ‘PALMA’ dan telah dapat di download di Playstore dan App store.

Direktur Utama RSUD Kota Bogor, dr. Ilham Chaidir mengatakan, aplikasi PALMA dibuat untuk memberikan kemudahan bagi pasien rawat jalan untuk membuat janji dan bertemu dengan dokter, tanpa harus datang ke RS untuk mengambil nomor antrian.

Jadi, lanjut dia, ketika pasien sudah mendapat nomor antrian, mereka hanya perlu datang ke RS sesuai hari dan jam yang tercatat dalam reservasi online di PALMA.

“Aplikasi ini bisa diakses oleh pasien BPJS maupun pasien umum. Namun bagi pasien yang belum pernah berobat ke RSUD, mereka tetap menyerahkan berkas administrasi ke bagian pendaftaran usai melakukan reservasi pada aplikasi PALMA,” terang pria yang juga menjabat sebagai Ketua IDI Kota Bogor ini.

Lebih lanjut, dr. Ilham juga mengatakan, bila aplikasi Palma juga membantu managemen RS dalam mengatur jumlah pengunjung per harinya. Mengingat, bed occupancy red (BOR) RSUD Kota Bogor tertinggi di banding RS kota hujan lainnya.

“Melalui aplikasi Palma, saya harap tidak terjadi lagi pasien yang datang ke rumah sakit namun ternyata kehabisan nomor antrian,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Bisnis dan Mutu RSUD Kota Bogor, dr. Armein Sjuhairi Rowi menambahkan, bila aplikasi PALMA merupakan salah satu bentuk komitmen RSUD Kota Bogor menuju RS digital.

Selain itu, PALMA juga diharapkan dapat memberikan jawaban atas kebutuhan masyarakat akan layanan yang cepat dan mudah diakses dimana pun dan kapan pun.

“Tidak dapat dipungkiri pelayanan publik terus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman. Dan RSUD Kota Bogor harus berpartisipasi menjadi penggerak perubahan dan kemajuan teknologi melalui inovasi,” terangnya.

dr Armein sapaan akrabnya, juga mengatakan jika aplikasi PALMA merupakan aplikasi reservasi online pertama yang hanya dimiliki RSUD Kota Bogor. Sepengetahuannya, belum ada rumah sakit di Bogor yang memberikan kemudahan tersebut pada pasiennya.

“PALMA, aplikasi reservasi online pertama yang dimiliki RSUD Kota Bogor dan menjadi trademark kami,” singkatnya. (*/Patrick)