Bentuk GM Pro untuk Kesejahteraan Guru, DPRD Kabupaten Bogor Ingin Pengelolaan Pendidikan Berkualitas

RASIOO.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, mendukung pembentukan Organisasi Guru Merdeka Profesional atau GM Pro oleh sejumlah guru di Bumi Tegar Beriman. Organisasi ini dibentuk untuk memperjuangkan kesejahteraan para pendidik.

“Kita membuat suatu wadah agar bisa memberikan kontribusi minimal dalam menyumbang saran tentang mengelola pendidikan yang berkualitas,” kata anggota komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Dadeng Wahyudi, Senin 10 Juli 2023.

Dadeng Wahyudi yang juga Dewan Penasihat GM Pro menyebut, anggota yang tergabung di organisasi ini yaitu, guru-guru pengajar di sekolah negeri yang masih berstatus honorer dan belum memenuhi passing grade.

Baca Juga: Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Dewan Ingatkan Pemkab terkait Tindaklanjut Temuan BPK tahun 2022

GM Pro, kata dia, juga akan menjadi wadah untuk pengembangan kualitas para guru honorer agar bisa lolos passing grade dan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Karena surat Kemenpan RB pada November tahun ini (tenaga) honorer dihilangkan, maka mereka terinspirasi kepada pemerintah untuk segera diangkat menjadi PPPK,” kata Dadeng Wahyudi

Dia meyakini, ketika guru-guru di Kabupaten Bogor memiliki kualitas keilmuan yang mumpuni, maka kesejahteraan akan menyertainya, termasuk lolos dalam seleksi menjadi PPPK.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Hartono Anwar di tempat yang sama menjelaskan, setiap guru honorer wajib melalui serangkaian tes yang regulasinya ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi PPPK.

Baca Juga: Kualitas Pendidikan Indonesia Rendah di Mata Dunia, Berapa Jumlah Sekolah di Indonesia?

“Mudah mudahan di tahun ini mereka bisa mengikuti tes dan segera diangkat menjadi PPPK,” kata Hartono.

Tahun ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bogor mengajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 2.909 formasi PPPK jabatan fungsional guru untuk diangkat tahun 2024.

Lihat Komentar