Ya Allah.. Kabupaten Bogor Jadi Juara Pertama Kecurangan PPDB 2023 di Jabar, Pemkab Bakal Periksa Disdukcapil

RASIOO.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat menyebut bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023 di Kabupaten Bogor menjadi juara pertama kecurangannya.

Setidaknya ada 1.635 kecurangan PPDB yang terjadi di Kabupaten Bogor.

Pemerintah Kabupaten Bogor mengklaim bahwa data yang didapati Disdik Jabar itu didominasi oleh kecurangan PPDB di tingkat SMK/SMA. Sehingga pihaknya tidak bisa intervensi kecurangan tersebut.

Baca Juga: Sindir Mantan Napi Koruptor Kumpulkan Kades di Rumahnya, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan : Jangan Menghalalkan Segala Cara

“Yang kemarin ramai di Jawa Barat itu kan yang SMK nya. Saya tanya kadisnya, permainan atau kecurangan itu kebanyakan yang SMK bukan SMP,” kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Selasa 25 Juli 2023.

“SMK kan tahu sendiri, kita tidak bisa masuk dan itu tolong di koreksi dan evaluasi oleh Disdik Provinsi,” beber dia.

Kendati demikian, Iwan Setiawan mengaku, akan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), karena khawatir anak buahnya bermain secara admintrasi untuk melancarkan kecurangan PPDB 2023.

“Hanya yang saya takutkan seperti masalah di Disdukcapil Kota Bogor . Makanya kalau ada satu kasus seperti ini kita akan turun,” jelas Iwan Setiawan.

Baca Juga: Plt.Bupati Bogor Iwan Setiawan Ucapkan Selamat Datang Kepada Kapolres Yang Baru

Tak hanya itu, dia pun memerintahkan Inspektorat agar memeriksa Disdukcapil Kabupaten Bogor demi memastikan tidak ada permainan Kartu Keluarga (KK) maupun domisili masyarakat Bogor demi masuk dalam PPDB sistem Zonasi itu.

“Inspektorat mungkin akan periksa ada tidaknya masalah terkait permainan KK, domisili dan lain sebagainya,” tutup Iwan Setiawan.

Lihat Komentar