Ratusan Emak-emak Pakai Sekolah Bawa Panci Kritisi Sistem Zonasi di SMAN 3 Kota Bogor

RASIOO.id – Ratusan ibu-ibu di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, menggelar aksi demonstrasi di depan gedung Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kota Bogor, pada Selasa, 25 Juli 2023.

Aksi ini merupakan buntut dari kekecewaan ibu-ibu terkait sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi. Ratusan kaum ibu yang tergabung dalam Keluarga Besar Marhaenis Kota Bogor itu membawa berbagai peralatan dapur, seperti panci, wajan dan centong, ratusan kaum ibu ini mengepung kompleks SMAN 3 Kota Bogor.

Mereka melantunkan berbagai tetabuhan musik sehingga membuat keriuhan di sekitar lokasi dan mengganggu proses belajar mengajar.

Emak-emak itu pun mengenakan seragam sekolah untuk melakukan aksi teatrikal menyinggung kecurangan yang terjadi di sekolah.

Baca Juga: Ya Allah.. Kabupaten Bogor Jadi Juara Pertama Kecurangan PPDB 2023 di Jabar, Pemkab Bakal Periksa Disdukcapil

Koordinator aksi Aprilda Dasa Pratiwi mengungkapkan, keprihatinannya atas karut marut PPDB tingkat SMA di Kota Bogor karena disinyalir banyak kecurangan.

“Ini ungkapan kekecewaan kami atas kemunduran dunia pendidikan di Indonesia,” ungkap Aprilda.

Kecurangan yang paling banyak terjadi adalah manipulasi kartu keluarga (KK) yang terjadi pada PPDB jalur zonasi. Kalangan berduit mengakali syarat jalur zonasi dengan membuat KK palsu.

Baca Juga: Diduga Sewenang-wenang, PDAM Kota Bogor Dilaporkan ke Walikota Hingga Polresta

“Banyak laporan kepada kami, tetangga yang dekat malah tidak diterima,” lanjutnya.

Hingga berita ini diterbitkan, ratusan kaum ibu masih berdemonstrasi.

Lihat Komentar