Kampung Jaro Ade Mendadak Viral Usai Raihan Suara Prabowo-Gibran 100%, KPU: bukannya dari dulu ya?

 

 

RASIOO.id – Tempat kelahiran Ade Ruhandi alias Jaro Ade, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor menjadi bahan pembicaraan di persidangan gugatan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, pada Senin 1 April 2024 kemarin.

Pasalnya, dalam persidangan tersebut mengungkap bahwa raihan suara Capres Prabowo-Gibran menang telak atau 100 persen suara pemilih di Desa tersebut memilih Prabowo-Gibran, tanpa ada satu pun suara untuk pasangan Capres-Cawapres nomor 1 dan 3.

Kejanggalan itu bahkan dipertanyakan oleh Hakim Saldi Isra kepada tim kuasa hukum Anies-Muhaiman yang mengungkap fakta tersebut di persidangan.

“Tadi kan ada penjelasan atau keterangan kesaksian, ada satu kelurahan yang semuanya 01 dan 03 kosong, gada suaranya. Itu kelurahan apa tadi pak?” tanya Saldi Isra kepada tim kuasa hukum pasangan 01 Anis Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Kelurahan Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor,” timpal tim Kuasa Hukum Anies-Muhaiman.

Baca Juga: Hasil Pilpres di Kota Bogor, Prabowo-Gibran Unggul dari Anies-Cak Imin, Ganjar- Mahfud Cuma 10,95%

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Adi Kurnia menyebut bahwa raihan suara telak untuk Prabowo-Gibran di Desa Jaro Ade memang benar adanya.

“Hasil dari C Hasil begitu. Engga 100 % memilih Prabowo, kalau hasil pencermatan, ada 2 TPS yang memilih Anies-Muhaiman dan Ganjar-Mahpud, walaupun tidak banyak,” papar dia.

Sementara, Sekertaris KPU Kabupaten Bogor, Azhar Hidayatullah menyebut fenomena menang telak salah satu Capres maupun calon lainnya di Cileuksa ternyata bukan merupakan hal baru.

Menang telak dalam pemilu juga pernah terjadi pada Pilpres 2019 lalu.

“Sanesna ti kapungkur ge cileuksa mah kitu nyak? (Red: bukannya dari dulu juga Cileuksa mah begitu ya,?,” papar dia.

“Kabarnya memang sudah menjadi hal yang lumrah kalau di situ pemilihnya homogen,” tandas dia.

Dari informasi yang dihimpun, Desa Cileuksa juga pernah mendapatkan raihan suara telah pada kontestasi Pilkada yang dimana Jaro Ade menjadi salah satu calonnya.

Calon Bupati Bogor lainnya, tidak mendapatkan satu suara pun di kontestasi Pilkada yang diikuti Jaro Ade itu.

 

 

 

 

Simak rasioo.id di Google News

Lihat Komentar