Bermotif Kujang hingga Talas Bogor, Ini Batik Karya Pegawai Bappedalitbang Bogor yang Penuh Makna

RASIOO.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor memperkenalkan desain batik terbaru yang akan digunakan oleh seluruh pegawai Bappedalitbang. Desain batik ini,  didominasi warna biru dan dipilih melalui sayembara internal yang diadakan belum lama ini.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Ajat R. Jatnika, menjelaskan bahwa sayembara ini khusus untuk pegawai internal Bappedalitbang. Pemenangnya adalah Parlupi, seorang staf Bappedalitbang.

“Sayembara ini memang ditujukan untuk internal pegawai Bappedalitbang, dan pemenangnya adalah Ibu Parlupi,” kata Ajat pada Jumat, 28 Juni 2024.

Baca Juga: Mangharcana Batik Cibuluh, Upaya Mahasiswa LSPR Bantu UMKM Batik di Era Digital

Ajat menambahkan bahwa desain batik tersebut harus mencerminkan jargon Bappedalitbang Kabupaten Bogor, yaitu kompeten, kreatif, dan peduli.

“Desainnya didominasi warna biru dengan corak awan, tanduk, kujang, dan talas. Setiap elemen tersebut memiliki filosofi yang sesuai dengan jargon Bappedalitbang,” jelas Ajat.

Menurut Ajat, awan dalam desain batik melambangkan keteduhan Kabupaten Bogor dan simbol harapan yang datang bersama air hujan. Tanduk, yang dalam beberapa cerita Sunda digambarkan seperti mahkota, melambangkan kekuatan dan kemapanan.

Sementara itu, kujang sebagai senjata kebanggaan warga Bogor mewakili konsep harmoni dan keseimbangan yang harus ada dalam kehidupan seseorang. Setiap bagian dari kujang, mulai dari gagang hingga ujung, memiliki makna filosofis yang mendalam.

Talas, tumbuhan yang terkenal dari Bogor, juga dimasukkan dalam desain batik. Daun talas melambangkan keseimbangan dengan sisi-sisinya yang simetris.

Dengan diperkenalkannya desain batik baru ini, Bappedalitbang Kabupaten Bogor berharap dapat meningkatkan semangat kerja dan rasa kebanggaan para pegawainya, serta memperkuat identitas organisasi yang kompeten, kreatif, dan peduli.

Desain batik karya pegawai Bappedalitbang Kabupaten Bogor. Batik ini akan menjadi seragam baru pegawai di instansi tersebut. Foto: IG Bappedalitbang

 

 

 

 

Simak rasioo.id di Google News

Lihat Komentar