Peta Dua Poros Pilkada Bogor, Gotfridus Goris Seran : Rudy-Elly akan bertarung sengit lawan Jaro Ade

RASIOO.id – Pengamat Politik Universitas Djuanda, Gotfridus Goris Seran menyampaikan bahwa kecenderungan kontestasi Pilkada Kabupaten Bogor akan terbentuk dua poros.

Dua poros itu yakni partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024, yang terpecah menjadi dua yakni poros Gerindra dengan poros Golkar.

Seran mengatakan bahwa jika Gerindra mengusung Rudy Susmanto menjadi calon Bupati Bogor dari partainya, maka kemungkinan besar Rudy Susmanto akan memilih Elly Yasin sebagai wakilnya.

“Paslon Rudy-Elly tampil sebagai kekuatan tersendiri. Rudy representasi kekuatan dukungan di wilayah tengah ke timur Bogor, sementara Elly punya basis kekuatan dukungan elektoral di wilayah tengah ke barat Bogor,” kata Seran, Selasa 9 Juli 2024.

Elly, kata Seran, sangat bisa memecah dominasi Ade Ruhandi alias Jaro Ade di Barat dan Tengah Kabupaten Bogor.

“Elly jadi figur yang memberikan insentif elektoral dengan memecah kekuatan Jaro Ade di wilayah tengah ke barat Bogor,” kata dia.

Sehingga, kata dia, dua poros itu akan bertarung sengit head to head di Pilkada Kabupaten Bogor dengan kekuatan elektoral masing-masing.

“Jadi, Rudy-Elly akan bertarung sengit head to head dengan Jaro Ade,” tegas dia.

Diketahui, koalisi Golkar akan segera mengusung wakil Bupati pendamping Jaro Ade pada bulan ini, Juli 2024. Koalisi yang sudah terbentuk yakni Golkar, PAN, dan Demokrat.

Kendati sudah pada bulannya, Demokrat nampak masih menimbang ulang dukungannya terhadap Jaro Ade di Pilkada mendatang.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten, Dede Chandra Sasmita mengungkapkan, jika koalisi ini belum final dalam mendukung Jaro Ade meski sudah menyatakan koalisi.

Demokrat, kata Dechan, masih menunggu survei yang independen dan kredibel dalam menentukan calon Bupati maupun menawarkan wakil Bupati Bogor.

“Kami masih menunggu hasil survei dari lembaga independen,” kata Dechan.

Sementara, Ketua DPD PAN Kab. Bogor Arif Abdi menjelaskan bahwa partainya sudah menyodorkan wakil pendamping Jaro Ade yakni Mahkamah Partai dan Direktur Eksekutif Kantor DPP PAN, Tutur Sutikno.

“Jaro Ade sudah mendapatkan surat rekom dari DPP PAN untuk Bupati dan untuk Wakil Bupati nya DPP PAN sudah memberikan rekom ke saudaraku Tutur Sutikno,” kata Arif Abdi.

 

Simak rasioo.id di Google News

Lihat Komentar