RASIOO.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cibinong terus melakukan berbagai inovasi untuk menjangkau warga Kabupaten Bogor menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional. Saat ini, BPJS mencatat hanya sekitar 12 persen atau 685.043 warga Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang belum mendaftarkan diri menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Hal tesebut disampaikan Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Betty Parapat dalam kegiatan Ngobrol Program Terkini (Ngopi) JKN di Bogor, Kamis, 9 Februari 2023.
Betty menyebut kini peserta JKN di Kabupaten Bogor sebanyak 4,7 juta jiwa atau 87,28 persen dari jumlah total penduduk 5,38 juta jiwa.
“Dari jumlah 4,7 juta peserta, kata dia, sebanyak 2,2 juta peserta di antaranya merupakan PBI atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan sisanya, 2,4 juta perserta merupakan non-PBI,” ujarnya.
PBI yang dimaksud adalah masyarakat yang iurannya dibayar oleh pemerintah baik APBD ataupun APBN, sementara non-PBI artinya pekerja penerima upah atau peserta mandiri.
“Terjadi tren penambahan peserta JKN dari tahun ke tahun. Pasalnya, tahun lalu jumlah warga Kabupaten Bogor yang belum menjadi peserta JKN sebanyak 852.060 jiwa atau 15,99 persen dari jumlah penduduk 5,3 juta jiwa. Sementara yang menjadi peserta JKN saat itu jumlahnya sebanyak 4,47 juta jiwa atau 84,01 persen dari jumlah penduduk,” katanya.
Baca Juga : Ini Cara Mencarikan BPJS Ketenagakerjaan Pasca Resign dari Perusahan
Menurutnya, tren peningkatan jumlah peserta JKN tersebut menjadi prestasi tersendiri, mengingat, Kabupaten Bogor memiliki kendala berupa wilayah yang luas dan jumlah penduduknya terbanyak se-Indonesia di tingkat kota/kabupaten.
Pada kesempatan itu, ia menerangkan bahwa pihaknya kini terus berinovasi untuk mempermudah peserta dalam menerima layanan JKN, salah satunya program petugas BPJS Siap Membantu (Satu) di rumah sakit.
“Jika peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit membutuhkan informasi terkait layanan Program JKN-KIS atau pun menyampaikan keluhan atas pelayanan yang didapat selama berobat bisa disampaikan kepada petugas BPJS Satu,” kata Betty. (*)
Editor : Ramadhan
The point of view of your article has taught me a lot, and I already know how to improve the paper on gate.oi, thank you. https://www.gate.io/ja/signup/XwNAU
Your article gave me a lot of inspiration, I hope you can explain your point of view in more detail, because I have some doubts, thank you.