Angkie Yudistia Luncurkan Buku Menuju Indonesia Inklusi

 

RASIOO.id – Staff Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia meluncurkan sebuah buku baru. Angkie merupakan sosok perempuan berkebutuhan khusus yang bekerja di lingkungan kepresidenan.

Buku berjudul Menuju Indonesia Inklusi menjadi buku keempat yang ditulisnya.

Angkie mengungkapan,karya terbarunya bercerita tentang perkembangan disabiitas di Indonesia. Melalui tulisan yang didasari pengalamannya sendiri, Angkie berkisah mulai dari tantangan hingga langkah pemerintah menciptakan lingkungan yang ramah disabilitas.

“Melalui buku ini, saya berharap kita sebagai warga Indonesia dapat melihat bagaimana negara selama ini hadir dan memastikan pelindungan terhadap seluruh hak-hak disabilitas agar tercipta lingkungan yang inklusif,” kata Angkie saat peluncuran buku di Jakarta Pusat, Jumat 21 Juli 2023.

Buku ini juga membahas soal praktik bernegara yang dijalankan pemerintah berlandaskan payung hukum. Yakni, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, tujuh Peraturan Pemerintah (PP) dan dua Peraturan Presiden (Perpres).

Melalui aturan itu, semua pemangku kebijakan baik di pusat maupun daerah dapat melakukan amalan yang berorientasi pada perlindungan hak-hak disabilitas untuk hidup setara.

“Menurut data survei sosial ekonomi nasional, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia sebanyak 22,9 juta. Ini menjadi tantangan kita bersama untuk menjamin keterbukaan akses bagi penyandang disabilitas agar dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh pemerintah baik pusat dan daerah,” kata dia.

Baca Juga : Ada Disabilitas Jadi PNS di Kota Bogor, Bima Arya Siap Dorong Kembangkan Karirnya

Angkie berharap, melalui bukunya ini, Indonesia bisa menjadi contoh bagi dunia internasional dalam memberikan kepastian hukum dan hak bernegara yang setara bagi disabilitas.

Bukan hanya itu, Angkie juga mendidekasikan hasil penjualan bukunya ini untuk beasiswa pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas.

Bagi Anda yang tertarik memiliki buku Menuju Indonesia Inklusi karya Angkie Yudistia ini, dapat mengunjungi aplikasi jual beli daring dan akun instagram @menujuindonesiainklusi. 

Lihat Komentar