Gak Tanggung-tanggung, DPKPP Bangun Rumah Skala 1:1 di Tengah Bogor Fest 2023

 

RASIOO.idBogor Fest 2023 menjadi ajang bagi pemerintah Kabupaten Bogor memamerkan produk dan layanan yang mereka berikan kepada masyarakat.

Ajang ini juga dimanfaatkan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor memperkenalkan bangunan rumah instan sederhana sehat (RISHA) yang merupakan penemuan teknologi knock down yang dikembangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rumah dengan struktur utama beton bertulang itu, merupakan rumah tahan gempa yang dapat dibangun cepat dan hemat biaya.

Tidak tanggung-tanggung, DPKPP membangun unit rumah type 36 dengan skala 1:1.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menjelaskan, RISHA didirikan di tengah Bogor Fest 2023, untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai struktur bangunan rumah yang murah, sederhana namun kuat.

“Kita membangun rumah ini, hanya sekitar 7 hari. Masyarakat pun bisa membangunnya sendiri dengan biaya sangat terjangkau dan pengerjaannya sangat cepat. Kalau yang mengerjakannya banyak orang, struktur bangunan bisa diselesaikan dalam satu hari,” jelas Ajat di sela pembukaan Bogor Fest 2023, Kamis 24 Agustus 2023.

Baca Juga : GRATIS! Bogor Fest 2023 Hadirkan Hiburan dan Konser Musik Artis Papan Atas

Kata Ajat, Kabupaten Bogor dengan daerah rawan bencana kerap kali membutuhkan hunian baru bagi warga terdampak bencana yang membutuhkan waktu pengerjaan yang singkat.

“Sehingga metode RISHA ini bisa diterapkan jika kita butuh membangun hunian tetap bagi korban bencana alam. Selain tahan gempa, dengan bangunan rumah dengan metode ini, bisa tahan hingga 20 tahun,” jelas Ajat.

RISHA merupakan penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat, dengan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya.

RISHA adalah solusi berbasis teknologi mutakhir di bidang perumahan dari Kementerian PUPR untuk Indonesia yang rentan gempa. RISHA didesain sedemikian rupa sehingga dapat menahan potensi gempa yang bergerak secara horizontal.

“Inovasi ini didasari juga oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas bangunan sesuai dengan standar SNI,” kata Ajat.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika menunjukan beton bertulang yang digunakan untuk struktur rumah instan sederhana sehat (RISHA).

 

Simak rasioo.id di GoogleNews

Lihat Komentar