Luhut Ungkap Kabar Terbaru Kondisi Kesehatannya di Singapura

RASIOO.id – Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan kondisi kesehatannya daei Singapura. Luhut mengatakan dirinya masih melakukan pemulihan kesehatan di Singapura. Luhut menyebut kepulangannya ke Indonesia tergantung dokter.

“Ya saya sih tergantung dokter saja, karena istri saya sekarang berperan sangat penting dalam hidup saya. Tapi semua langkah-langkah saya, saya laporkan kepada Bapak Presiden,” kata Luhut melalui unggahan video di Instagramnya, Minggu 18 November 2023.

Luhut juga mengungkapkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kesehatannya. Jokowi meminta Luhut yang memaksimalkan pemulihan sebelum pulang ke RI.

“Dan Bapak Presiden memberikan arahan ‘Pak Luhut, upayakan sesempurna mungkin recovery-nya, ya baru kembali ke Jakarta’,” kata dia.

Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengungkap kondisinya yang menjalani perawatan di Singapura. Luhut menyebut sudah mulai melakukan aktivitas olahraga.

“Saya udah tiap hari jalan sekarang, ya bertahap 1,2 kilometer, 2 kilometer, saya tadi udah mulai angkat beban dikit, sudah mulai sedikit plank, walaupun baru 15 detik,” ujar Luhut.

Luhut menyebut sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Namun Luhut belum bisa pulang ke RI.

“Tiga hari yang lalu, sejujurnya saya sudah diperbolehkan keluar dari General Hospital Singapore. Namun, belum bisa pulang ke tanah air karena masih menjalani rawat jalan guna memastikan kondisi saya pulih sepenuhnya,” demikian tulis Luhut dalam unggahannya itu.

 

Lihat Komentar