Daftar Caleg Terpilih Dapil 1 DPRD Kota Tangerang : Golkar “Rebut” Satu Kursi PDIP, PAN dan Demokrat Tersingkir

Partai Golkar menambah perolehan kursi di tengah pengurangan jatah (Daerah Pemilihan (dapil) 1, DPRD Kota Tangerang dari 10 di Pemilu sebelumnya menjadi sembilan saja di pemilu 2024. PDIP justru kebalikan dari Golkar.

Sementara Demokrat dan PAN tak dapat “jatah” sama sekali. Dua kursi partai “biru” yang masih diduduki “pantat” Dedi Hasbullah dari PAN dan Dedy Fitriadi dari Demokrat itu, raib dua-duanya. Kondisi itu membuat Partai hijau tua (PPP) dapat untung.

 

RASIOO.id – Dapil 1 yang terdiri dari Kecamatan Tangerang dan Karawaci itu, Pemilu kali ini “menguning”. Golkar merajai perolehan suara dengan total 38.433 suara atau 20,25% dari 189.815 suara sah yang dihitung penyelenggara.

Raihan itu memastikan Rusdi memperpanjang masa anggota dewannya untuk lima tahun kedepan. Lagi pula, Caleg petahana itu juga dominan dalam pengumpulan suara. Dia meraih 11.787 suara, tertinggi dari semua caleg di dapil itu. Temannya Rusdi, namanya Andi Maulana juga raihannya “gede jasa”. Andi punya koleksi 10.850 suara. Golkar pun meraih dua kursi. Rusdi akan mengajak Andi berkantor di Gedung Dewan periode 2024-2029.

Baca Juga : Hasil Pileg DPR RI Dapil Banten 3 : Airin Kalahkan Semua Caleg Petahana, PDIP Kehilangan Satu Kursi

Sedangkan PDIP kebalikan ceritanya. Partai Banteng Moncong Putih tergeser urutan kedua dengan perolehan total 26.747 suara.

Walhasil, tinggal Andri Septian Permana yang masih bisa bertahan. Sementara petahana satunya lagi, Agus Setiawan yang mampu mengoleksi 4.656 suara, “terlempar” dari gelanggang. Agus kalah jumlah dari Andri yang meraih 4.851 suara.

Sementara PAN dan Demokrat bernasib sama. Kedua partai yang identik warna biru tapi beda gambar itu tak mampu mempertahankan kursi hasil perolehan sebelumnya.

PAN hanya mengoleksi 9.514 suara, caleg petahana partai yang logonya gambar Matahari itu, Dedi Hasbullah namanya, cuman dapat 2.917 suara.

Sedangkan partai Demokrat sebetulnya dapat perolehan yang cukup lumayan. Partai bergambar Merci itu punya 12.750 suara. Tapi sayang, jumlahnya kalah besar dengan sisa suara Golkar setelah dibagi tiga 12.814 suara. Mau diotak-atik gimana pun, kursi kesembilan atau kursi terakhir “diangkut” ke Pohon Beringin.

Caleg petahana Demokrat Dedy Fitriadi yang sudah usaha keras dengan perolehan 3.211 suara, harus lapang dada.

Baca Juga : PSI Moncer di Dapil Banten 3 , Kursi PDIP Bisa “Diembat” Andai Lolos PT

Sementara PKB dengan koleksi 16.842 suara mampu mempertahankan kursi se”mata wayang” yang diperoleh pada pemilu sebelumnya. Tetapi, nampaknya pergantian wajah akan terjadi di periode berikutnya. TB Mansyur Abu Bakar yang merupakan caleg petahana hanya meraih 2.120 suara kalah dari Apdan Nanung, rekan separtainya yang mengumpulkan jumlah lebih dua kali suara Mansyur. Nanung dapat 4.851.

Di PKS dan juga Gerindra ada pergantian “pemain”. Tapi, ceritanya beda banget dengan PKB. Kursi PKS akan diisi Arief Wibowo yang meraih 5.475 suara. Sedangkan Gerindra akan diduduki Pontjo Prajogo dengan 3.582 suara.

Muhammad Syaiful Bahri (Gerindra) dan Teuku Iwan Jayasyah (PKS) peraih kursi pemilu sebelumnya tak maju lagi di dapil tersebut.

NasDem dan PSI sama-sama muka lama. Jusman Said petahana NasDem dengan 4.478 suara, jadi lagi. Pun petahana PSI Theresia Megawati Wijaya dengan 6.468 suara, sama.

Sementara, jebloknya PAN dan Demokrat jadi “berkah” buat PPP. Partai hijau tua dengan gambar Kakbah itu berhasil mengumpulkan 13.444 suara, cukup untuk barteran kursi baris ke-8. Alfian Natsir Rafi yang punya suara paling tinggi di internal partainya berhak atas kursi tersebut.

Oiya, Alfian dapat 5.864 suara. Teman-temannya lebih kecil dari jumlah itu.

 

Berikut Perolehan Kursi Dapil 1 DPRD Kota Tangerang, Periode 2024-2029

Lihat Komentar