PSI Moncer di Dapil Banten 3 , Kursi PDIP Bisa “Diembat” Andai Lolos PT

RASIOO.id – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) moncer di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III, Tangerang Raya. Andai saja, Partai yang dipimpin Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo itu lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Treshold (PT), kursi DPR RI yang diraih PDIP bisa pula “diembat” nya.

PSI mendulang suara besar. Totalnya, partai yang selalu gadang-gadang slogan “Bersama Jokowi, pilih PSI” itu, mengumpulkan 203.709 suara banyaknya. setara 5,81% dari 3.494.370 suara sah di dapil itu.

Berdasarkan metode Saint lague, PSI cukup untuk menggotong kursi ke-10 atau kursi terakhir jatah Banten III di DPR RI. Hal tersebut lantaran sisa suara PDIP untuk mendapat perolehan dua kursi hanya 178.335 suara. Secara keseluruhan PDIP mengumpulkan 535.004 atau 15,31% dari total suara pemilih.

Baca Juga : Jatah PAN Jadi Rebutan Rizal-Okta di Dapil Tangerang Raya, Segini Selisih Suara Caleg DPR RI tersebut

PDIP berada diurutan kedua perolehan setelah Partai Golkar yang pada gelaran ini keluar sebagai pemenang pemilu. Kursi pertama PDIP dibarisan kedua untuk caleg petahana Rano Karno. Nah, untuk perolehan kursi kedua, PDIP mendapat kursi terakhir atau kursi ke-10. Jika dibanding suara PSI, PDIP kalah 25.374 suara.

Suara PSI total 203.709, paling besar disumbang oleh Caleg nomor urut 1 di dapil itu. Ratu Isyana Bagoes Oka meraih 78.140 suara pemilih. Perolehan itu lebih besar jumlahnya dari caleg partai lain yang dihitung-hitung bakal dapat kursi. Martinus Gea dari PDIP hanya meraih 74.909 suara. Suara Ratu juga lebih besar dari perolehan Okta Kumala Dewi dari PAN yang hanya meraih 65.106 suara.

Namun, meskipun cukup jumlahnya. PSI hampir bisa dibilang mustahil dapat kursi DPR RI. Perolehan suara secara nasional partai tersebut sudah “diramal” banyak lembaga survei kurang dari angka 4%. Saat website Sirekap KPU menunjukan kenaikan tajam perolehan, PSI langsung saja dicurigai. Saat ini Sirekap tak lagi menyajikan angka akumulasi hasil rekap perolehan suara. Berapa perolehan PSI secara nasional, tunggu saja proses rekap yang dilakukan KPU selesai 100 %.

 

 

Simak rasioo.id di Google News

Lihat Komentar