Astaga.. 1770 Koperasi di Kabupaten Bogor Sakit, Cuma 600 yang Aktif

RASIOO.id – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat mencatat ada sebanyak 1770 koperasi yang ada di Bumi Tegar Beriman. Namun, dari angka tersebut, sekitar 1000 koperasi yang tidak aktif.

“Ada 1770, tapi dari jumlah tersebut tentunya ada yang aktif ada yang masih perlu didorong dan ditingkatkan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana kepada rasioo.id, Rabu, 12 Juli 2023.

Asep mencatat, ada sekitar 750 koperasi yang masih aktif di Kabupaten Bogor. Namun, dari yang aktif tersebut, hanya sekitar 600 koperasi yang dinilai sehat.

Baca Juga: Iwan Setiawan Minta Jajarannya Dukung Koperasi Di Kabupaten Bogor Agar Lebih Berkembang

“Dari 750 koperasi, itu juga aktif belum tentu sehat alias sakit. Yang sehat itu yang menyelenggarakan RAT (Rapat Anggota Tahunan), sekitar 600 an,” papar dia.

Kata Asep, pihaknya sedang mengusulkan pembubaran kepada sejumlah koperasi yang sudah dianggap tidak akan berjalan kembali.

“Yang tidak aktif sedang diusulkan untuk pembubaran karena untuk pembubaran koperasi ini sulit, kita harus ada tahapan-tahapan itu harus sampai ke pusat,” ucapnya.

Menurut Asep,  alasan koperasi  tak aktif itu didominasi oleh para pemiliknya yang hanya mengambil manfaat di waktu-waktu tertentu saja.

Baca Juga: Dinas Koperasi dan UMKM Bogor Ingatkan Pentingnya Legalitas Produk

“Kita telusuri, tracking juga kenapa mereka tidak aktif, ini mereka banyak faktor, ternyata dulu membentuk koperasi karena euforia, senang awalnya tapi saat menggerakkannya tidak tanggung jawab,” tutup dia.

Lihat Komentar