Tangkis Isu Sara dan Hoax, Panwascam Kemang Bogor Gelar Dialog Media dan Warga

RASIOO.id – Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Panwaslu Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Muhamad Lutfi Jalaludin mengajak media dan pemuda  bersama-sama menangkal hoax dan isu SARA di Pemilu 2024, Senin, 04 Desember 2023.

Melalui acara dialog yang bertema ‘Peran Strategis Media Pada Pemilu 2024 sebagai Patner Pengawas Pemilu dalam menangkal isu SARA dan Hoaks,’ dengan melibatkan unsur pemuda dari  KNPI Kecamatan Kemang.

“Isu negatif dan bohong kerap terjadi pada pemilu sebelumnya dan berpotensi juga terjadi di pemilu 2024,” kata Lutfi sapaan karibnya, di sekretariat Panwascam Kemang.

Menurut dia, pada tahapan kampanye ada indikasi berita hoax dan ujaran kebencian mulai bermunculan.

“Kita harus ketahui bersama ciri-ciri berita hoax di antaranya menciptakan kecemasan, kebencian, permusuhan atau perpecahan yang biasanya bersumber dari media yang tidak jelas, ” ucapnya.

Menurut Lutfi, rata-rata berita bohong tersebut tidak bisa dimintai klarifikasi atau tanggungjawab, pesannya sepihak, memanfaatkan fanatisme, atau nama ideologi atau agama, judul pengantar tidak cocok dengan isi, dan tampilannya bersifat provokatif.

“Semoga seluruh insan media mampu menyajikan informasi yang mempolitisasi isu SARA,” tegas dia.

Senada, Ketua KNPI KNPI Kec. Kemang, Abdul Jalil Zein pun  siap mewujudkan Pemilu 2024 yang damai tanpa adanya isu apa pun yang dapat memecah kerukunan yang sudah terbina di wilayah Kemang.

“Ini adalah hajat bersama, karenanya sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk menciptakan pemilu yang damai dan berintegritas,” singkat Jalil.

Baca Juga: Bawaslu Kabupaten Bogor Resmikan Media Center untuk Pengembangan Informasi Kepemiluan

 

Simak rasioo.id di Google News

Lihat Komentar