Bawaslu Telusuri Dugaan Pelanggaran Kampanye Saat Ravindra Serahkan Bantuan dari Kementan di Distanhorbun Bogor

 

RASIOO.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor menindaklanjuti adanya dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Caleg DPR RI dari Partai Golkar Ravindra Airlangga saat pembagian alat pertanian dari Kementerian Pertanian (Kementan) di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Kamis 7 Desember 2023.

Koordinator Bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanudin menegaskan, secara aturan penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye dilarang.

Namun demikian, Bawaslu belum menyimpulkan ada tidaknya pelanggaran kampanye dilakukan Ravindra yang merupakan putra Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tersebut.

“Saat ini kami dan teman-teman Bawaslu masih membahas, dan mengumpulkan informasi awal,” ujar Burhanudin saat dikonfirmasi, Jum’at 8 Desember 2023.

Bawaslu, lanjut dia, pasti akan menindaklanjuti informasi tersebut. Upaya konfirmasi akan dilakukan dalam waktu dekat ini dengan memanggil pihak Distanhorbun. Keterangan dari Kepala Distanhorbun menjadi penting karena lokasi penyerahaan alat pertanian yang dihadiri Ravindra tersebut berlokasi di kantor dinas tersebut.

“Bisa kita undang (Kepala Distanhorbun) kesini, atau kita yang datang kesana,” kata dia.

Cara mana yang akan dipilih Bawaslu untuk meminta keterangan Kepala Distanhorbun, kata Burhanudin, sedang dibahas oleh seluruh jajaran Komisioner Bawaslu.

“Nanti yang menyampaikan Ketua, saya fokusnya dipencegahan,” kata dia.

Baca Juga : Ravindra mah “Bebas”, Traktor Bantuan Kementan dari APBN untuk Petani Bogor Ditempeli Stiker Caleg

Diberitakan sebelumnya, Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Airlangga mengakui membagikan stiker bergambar dirinya sebagai Caleg DPR RI di Pemilu 2024.

Stiker yang mencantumkan nomor urut Ravindra tersebut dibagikan kepada warga kelompok tani yang akan menerima bantuan dari APBN 2023 yang disalurkan melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Kamis 7 Desember 2023.

Stiker caleg DPR RI milik Ravindra itu menjadi polemik karena menempel di traktor bantuan Kementan.

” Enggak semua deh, emang ini kan dari program kita. Cuma stiker kita kasih ke warga bukan ke alat, mungkin iseng,” kilah Ravindra saat dikonfirmasi wartawan, Jum’at 8 Desember 2023.

Baca Juga : Ravindra Akui Bagi-Bagi Stiker Kampanye Saat Salurkan Bantuan Traktor dari Kementan di Distanhorbun Bogor, Emang Boleh?

 

Lihat Komentar