Soal Edi Kusmana Masuk DCS, KPU Sebut Masyarakat Bisa Lapor untuk Dilakukan Verifikasi Ulang

 

 

RASIOO.idKPU Kabupaten Bogor menyampaikan bahwa masyarakat bisa memberikan tanggapan terhadap hasil rilis daftar calon sementara (DCS) yang dirilis pada 18 Agustus 2023 lalu.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni menanggapi polemik Bacaleg Edi Kusmana yang masuk DCS di tengah kasus hukum.

“Sekarang kan masa publikasi dari tgl 19 sampai 23 Agustus. Kemudian, tanggapan masyarakat terkait dengan anggota legislatif tersebut (Edi Kusmana),” kata Ummi Minggu 20 Agustus 2023.

Baca Juga : Edi Kusmana Masuk DCS di Tengah Kasus Hukum, KPU Kabupaten Bogor: belum Inkrah

Tanggapan masyarakat itu, lanjut dia, bisa disampaikan langsung pada Web KPU, Media Sosial, atau mengirim surat dan datang ke langsung ke KPU Kabupaten Bogor.

“Nanti langsung ditindaklanjuti. Berdasarkan tanggapan masyarakat itu nanti KPU akan melakukan klarifikasi, pertama panggil parpol. Bisa juga lewat verifikasi faktual lewat kejaksaan,” papar dia.

“Nanti ada proses klarifikasi oleh KPU dan KPU berkewajiban untuk melakukan tindaklanjut lewat tanggapan masyarakat,” lanjut dia.

Sebab, kata Ummi, persyaratan pendaftaran Bacaleg Edi Kusmana hingga saat ini masih lengkap dan memenuhi persyaratan-persyaratan administratif.

“Itu caleg yang sekarang berarti sudah lolos administrasi, artinya dokumennya sudah lengkap. Yang bersangkutan (Edi kusmana) itu dokumennya masih lengkap, ada dokumen dari Pengadilan Negeri Cibinong salah satunya,” jelas dia.

 

Simak rasioo.id di GoogleNews

Lihat Komentar